LOGO

Mari selamatkan generasi dan bangsa kita dengan terus berkarya, berkreasi dan tidak menggunakan narkoba! Maju Indonesia!!

On Monday, September 20, 2010 0 comments


Proses pemulihan adalah suatu proses yang harus dijalani seumur hidup seorang pecandu (Long Life Process). Salah satu proses tersebut adalah rehabilitasi sosial, yakni upaya pembinaan bagi pecandu narkoba untuk mengembalikan fungsi sosialnya sesuai dengan norma-norma kehidupan masyarakat pada umumnya, antara lain: hubungan sosial, perilaku, spiritual, pola pikir, emosi, kesehatan, pendidikan, pekerjaan dan hukum. Adapun proses pemulihan itu sendiri melalui 6 periode :



  1. Periode Pra-Perawatan (Pre-Treatment)
    Pecandu mencoba melalui berbagai cara untuk mengatasi proses ketergantungan fisik dan belajar untuk mengakui bahwa dia tidak mampu mengontrol perilaku penggunaan narkoba.


  2. Periode Stabilisasi (Stabilitation)
    Pecandu akan belajar untuk tidak menggunakan narkoba, membuat kondisi fisik lebih stabil dari gejala putus zat, belajar untuk mengatasi tekanan sosial dan masalah.

  3. Periode Pemulihan Awal (Early Recovery)
    Pecandu pada tahap ini membangun pola pikir mengapa ia tidak dapat lagi menggunakan zat adiktif dan mulai untuk membangun sistem nilai personal.

  4. Periode Pemulihan Tengah ( Middle Recovery)
    Pecandu mulai memasuki masa transisi dimana ia mengalami hambatan dalam keterampilan bersosialisasi, namun ia sampai pada periode konsolidasi diri.

  5. Periode Pemulihan Lanjut ( Late Recovery)
    Pada saat ini diharapkan pecandu sudah memiliki kesadaran spiritual, memiliki prinsip hidup yang pasti dan menemukan keinginan serta semangat hidup

  6. Periode Pemeliharaan ( Maintenance)
    Pecandu pada tahap ini diharapkan mempertahankan kondisi bebas narkoba dan mencoba hidup kembali sebagaimana masyarakat pada umumnya dengan sistem nilai hidup mereka yang baru.
Dengan dijelaskannya berbagai tahap pemulihan pada pecandu malalui tulisan ini, diharapkan dapat menambah semangat para pecandu dan keluarga serta kerabatnya dalam mengembalikan kehidupan pecandu menjadi normal kembali serta memilliki tujuan, prinsip dan semangat hidup yang tinggi.

0 comments:

Post a Comment