LOGO

Mari selamatkan generasi dan bangsa kita dengan terus berkarya, berkreasi dan tidak menggunakan narkoba! Maju Indonesia!!

On Sunday, September 19, 2010 0 comments


Gejala dini bagi penyalahgunaan narkoba bukanlah hal yang mudah, tapi sangat penting artinya untuk mencegah berlanjutnya masalah tersebut. Bila sudah dalam keadaan ketergantungan, maka gejala lebih mudah terlihat, tergantung dari jumlah atau frekuensi pemakaian, jenis zat yang dipakai, cara dan lamanya pemakaian.

Gejala penyalahgunaan narkoba sangat tergantung dari tahapan pemakaiannya dan untuk mencapai pada kondisi ketergantungan seseorang akan mengalami beberapa tahap, yakni:

  • Experimental Use adalah periode saat individu mulai mencoba-coba menggunakan narkoba dan zat adiktif untuk tujuan memenuhi rasa ingin tahu.
  • Social Use adalah periode saat individu mulai mencoba menggunakan narkoba untuk tujuan rekreasional, namun sama sekali tidak mengalami masalah yang berkait dengan aspek sosial, medis, finansial dan sebagainya. Umumnya individu masih dapat mengontrol penggunaannya.
  • Early Problem Use adalah periode saat seseorang sudah menyalahgunakan narkoba dan perilaku penyalahgunaan ini mulai berpengaruh pada kehidupan sosial individu tersebut, seperti timbulnya malas bersekolah, keinginan bergaul hanya dengan orang-orang tertentu dan lain-lain.
  • Early Addiction adalah periode saat seseorang sampai pada perilaku ketergantungan baik fisik, maupun psikologis dan perilaku ketergantungan ini sangat mengganggu kehidupan individu tersebut. Yang bersangkutan nyaris sulit mengikuti pola hidup orang normal sebagaimana mestinya dan mulai terlibat pada perbuatan yang melanggar pada norma dan nilai yang berlaku.
  • Severe Addiction adalah periode saat seseorang hanya hidup dan berlaku untuk mempertahankan ketergantungannya dan sama sekali tidak memperhatikan lingkungan sosial dan dirinya sendiri. Pada tahap ini, individu biasanya sudah terlibat pada tindakan kriminal yang dilakukan demi memperoleh narkoba.
Melalui tulisan ini, saya beharap bagi seluruh khalayak masyarakat untuk tidak sekalipun mencoba sesuatu yang disebut narkoba ataupun sejenisnya. Karena sesuai dengan gejala-gejala yang telah saya sebutkan di atas, dari sekedar mencoba, bisa merambat menjadi seseorang yang hidupnya hanya untuk narkoba. Anda tentu tidak ingin menjadi seperti itu kan, oleh karena itu, mulai detik ini, marilah kita menjauhi dan memerangi narkoba.

0 comments:

Post a Comment