LOGO

Mari selamatkan generasi dan bangsa kita dengan terus berkarya, berkreasi dan tidak menggunakan narkoba! Maju Indonesia!!

On Sunday, October 3, 2010 0 comments


  1. Langkah Awal : BERTANYA
  • Jika ada yang menawarkan sesuatu yang belum kamu kenal, tanyalah "Apa itu?", "Darimana mendapatkannya?", "Bagaimana akibat pemakaiannya?", "Apakah ini berbahaya?" dan "Apakah ini legal?"
  • Jika temanmu menawarkan untuk berkumpul bersama untuk suatu acara yang belum jelas tempat, tujuan dan rangkaian acaranya, pelajarilah apakah rencana temanmu tersebut itu baik, melalui pertanyaan "Siapa saja yang akan hadir?", "Dimana akan diadakan?", "Apakah ada orang tua yang hadir?", "Apakah aman?", "Apa saja yang akan kita lakukan?" dan "Apakah sudah mendapat ijin dari oran tua masing-masing?"
  1. Langkah Lanjutan : Apabila menurut akal sehatmu ajakan atau tawaran temanmu tidak benar, cepat katakan "TIDAK, TEIMA KASIH".
  1. Langkah Lebih Lanjut: MENGUSULKAN KEGIATAN POSITIF LAIN YANG BISA DILAKUKAN

    Setelah mengatakan "TIDAK", segeralah memberi usul atau ide kepada mereka untuk melakukan aktivitas lain yang positif, menyenangkan, aman, sehat dan bermanfaat, seperti bermain basket, footsal, sepak bola, berenang, main band, jalan-jalan atau pergi nonton ke bioskop. Tunjukan pada teman kamu bahwa yang tidak diterima adalah NARKOBAnya, bukan orangnya (teman kamu).

  2. Langkah Terakhir: PERGI

    Apabila temanmu tetap saja berkali-kali mencoba menawarkan sesuatu yang kamu tahu tidak baik bahkan setelah kamu berkata "TIDAK" serta mengusulkan untuk melakukan kegiatan positif lainnya, maka segeralah tinggalkan tempat itu. Ingat bahwa teman sejati menghormati keputusan temannya dan dapat memberi contoh serta mengajak dan mengajarkan sesuatu yang positif. Memang menjawab "tidak" adalah sesuatu yang berat, tetapi kamu akan merasa puas dengan diri sendiri setelah mengetahui bahwa kamu telah membuat keputusan yang tepat.

0 comments:

Post a Comment