LOGO

Mari selamatkan generasi dan bangsa kita dengan terus berkarya, berkreasi dan tidak menggunakan narkoba! Maju Indonesia!!

On Thursday, September 16, 2010 0 comments


Merokok sangat berakibat buruk bagi kesehatan. Hal ini tidak dapat kita ragukan lagi. Banyak efek buruk yang diakibatkan oleh rokok baik secara langsung maupun tidak langsung. Kandungan zat-zat di dalam rokok telah terbukti sangat berbahaya, tidak hanya kepada pengguna rokok, namun juga kepada mereka yang tidak sengaja menghisap asap rokok (perokok pasif).

Hal terburuk lain yang dapat berakibat fatal akibat merokok yakni apabila seorang ibu hamil yang apabila mempunyai kenbiasaan merokok masih melanjutkan kebiasaan merokoknya. Jika kebiasaan tersebut terus dilakukan, maka akan berakibat sangat buruk pada kandungannya.

Di bawah ini adalah beberapa efek yang akan mempengaruhi janin apabila sang ibu merokok :




  1. Akan menyebabkan janin kekurangan oksigen, sehingga pertumbuhan janin terhambat. Selain itu, zat nikotin dan karbon monoksida yang terdapat pada asap rokok akan menyebabkan kelainan pada plasenta.
  2. Bayi kemungkinan besar lahir dengan berat rendah. Selain itu pada perkembangan fisik, emosi, intlektual akan lebih rendah dari bayi normal. Ditambah dengan rentannya bayi terhadap infeksi dan gangguan kesehatan lainnya.
  3. Meningkatkan resiko terjadinya cacat pada bayi, seperti bibir sumbing.
  4. Wanita hamil yang merokok, 50 % akan mempengaruhi bayi terkena redartasi mental lebih besar daripada ibu hamil yang tidak merokok.
  5. Yang terburuknya yakni resiko kematian bayi mendadak lebih besar, karena fungsi pada paru-paru yang buruk.
Ada satu lagi penemuan efek negatif rokok pada ibu hamil. Ternyata bukan hanya dampak buruk pada fisik, namun juga bisa mengakibatkan gangguan psikotik ( kelainan jiwa ) pada sang bayi. Alasan-alasan yang menghubungkan antara ibu merokok dan gejala psikotik pada anak sampai saat ini belum terlalu jelas. Tetapi banyak pihak ilmuwan dan ahli kesehatan menyarankan bahwa paparan tembakau dalam kandungan ibu hamil bisa mempengaruhi impulsif, perhatian dan kesadaran anak.

Oleh karena itu, mengingat begitu besar resiko saat sang ibu hamil meneruskan kebiasaan merokoknya yang sampai dapat mengakibatkan kematian bagi janin atau bayinya, maka saya secara pribadi sangat tidak menyarankan bagi para ibu hamil untuk merokok.

0 comments:

Post a Comment