LOGO

Mari selamatkan generasi dan bangsa kita dengan terus berkarya, berkreasi dan tidak menggunakan narkoba! Maju Indonesia!!

On Sunday, September 19, 2010 0 comments


Memotivasi seseorang yang sedang mengalami ketergantungan atau kecanduan pada narkoba untuk mau menghentikan penggunaannya bukanlah sesuatu hal yang mudah untuk dilakukan. Prochaska & DiClemente (dalam Bennet 1998), menyatakan bahwa ada beberapa tahap-tahap perubahan yang dialami oleh seorang pecandu yang mempengaruhi proses pemulihannya.
Berikut ini adalah penjelasan tahap-tahap perubahan tersebut:


  • Precontemplation
    adalah tahap saat pecandu umumnya masih tidak mau mengakui bahwa perilaku penggunaan narkoba sangat merugikan diri sendiri, keluarga dan lingkungannya. Pada tahapan ini, seorang pecandu mulai menampilkan mekanisme pertahanan diri agar mereka tetap dapat mempertahankan pola ketergantungannya pada narkoba. Jenis mekanisme pertahanan diri yang umumnya muncul adalah penyangkalan dimana pecandu selalu mengelak dan tidak mau menerima atas kenyataan-kenyataan negatif yang ditimbulkan akibat penggunaan narkoba. Jenins mekanisme pertahanan diri lain adalah mencari pembenaran, dimana pecandu akan selalu berdalih untuk melindungi perilaku ketergantungannya.
  • Contemplation
    adalah tahap dimana pecandu mulai sedikit menyadari bahwa perilaku penggunaan narkoba merugikan diri sendiri, keluarga dan lingkungannya, tetapi masih sering merasa ragu-ragu untuk menjalani proses pemulihan. Proses wawancara motivasional sangat menentukan apakah pecandu kembali pada tahap precontemplation di atas atau justru semakin termotivasi untuk pulih.
  • Preparation
    adalah tahap saat individu mulai mempersiapkan diri untuk berhenti dari pola penggunaan zatnya. Pada umumnya yang bersangkutan mulai mengubah pola pikirnya yang dianggap dapat membantu usahanya untuk terbebas dari kacanduan dan ketergantunagn pada narkoba.
  • Action
    adalah tahap saat seorang pecandu dengan kesadaran dirinya sendiri mulai mencari pertolongan untuk membantu pemulihannya.
  • Maintenance
    adalah tahap dimana seorang pecandu berusaha untuk mempertahankan keadaannya yang telah bebas dari kecanduan dan ketergantungan narkoba.
  • Relapse
    adalah tahap dimana pecandu kembali lagi pada pola perilaku penggunaan narkoba (ketergantungan dan kecanduan) pada masa lalunya setelah ia mengalami keadaan dimana ia telah terbebas dari ketergantungan dan kecanduan pada narkoba.

0 comments:

Post a Comment